Hal yang Perlu Diketahui pada Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Memiliki seorang buah hati merupakan hal yang paling menyenangkan dan membahagiakan dari sepasang kekasih yang baru saja berumah tangga. Memiliki bayi adalah hal yang akan selalu diinginkan oleh setiap orang di setiap hidupnya. Memiliki anak pertama kali merupakan hal yang sangat menggembirakan untuk orang tua. Apalagi mengamati perkembangan bayi usia 1 bulan sampai menuju ke usia-usia selanjutnya, pasti akan sangat menyenangkan melihatnya berkembang. Menjaga dan merawat si bayi adalah tanggung jawab dari orang tua.  Semua orang tua tentunya akan selalu berhati-hati dalam melalukan sesuatu hal kepada si bayi yang masih berusia 1 bulanan. Nah, agar dalam menjaga dan merawat bayi tercinta tidak salah dalam mengambil tindakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengawasi perkembangan anak.

tahap perkembangan bayi usia 1 bulan

Pada usia yang masih 1 bulan ini, bayi memang belum bisa melihat dengan cukup jelas. Tapi bukan berarti sebagai orang tua kita hanya berdiam saja dan tidak mengajak bayi berinteraksi. Meskipun belum bisa melihat dengan jelas, pendengaran bayi sudah berfungsi untuk merangsang suara dari luar. Justru pada masa-masa seperti ini perkembangan bayi usia 1 bulan akan terbentuk dan berkembang secara optimal ketika kita mengajaknya untuk berinteraksi. Perkembangan bayi dalam usia beberapa hari mungkin sedikit akan mengalami penurunan berat badan. Namun, hal ini tidak perlu Anda khawatirkan karena setelah hari ke 10 dan selanjutnya berat bayi akan terus bertambah bersamaan dengan panjang bayi setiap bulannya.

Hal yang perlu diketahui dan diperhatikan dalam mengamati perkembangan bayi usia 1 bulan adalah sebagai berikut:

  • Bayi di usia 1 bulan akan lebih sering rewel karena keadaan sekeliling seperti suara-suara orang di sekitarnya yang mungkin sedikit membuatnya tidak nyaman. Yang harus orang tua lakukan dalam hal ini yaitu untuk menenangkan si bayi dengan cara membuat sebuah pijatan yang lembut atau menimangnya pelan-pelan.
  • Melakukan suatu rangsangan pada si bayi dengan cara mengajak si bayi untuk terus berinteraksi dengan memandangi mata bayi. Hal ini untuk melatih fokus pada bayi dalam mendengarkan dan melihat sesuatu.
  • Mandikan bayi dengan washlap sebelum bayi mengalami puput atau tali pusatnya lepas dengan sendirinya. Karena sebelum puput, bagian tali pusat sebaiknya dibiarkan agar terus kering.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu sekali orang tua perhatikan dalam mengamati perkembangan bayi usia 1 bulan. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan perlengkapan bayi seperti bedak bayi, lotion, sabun, shampo, dan lainnya. Jika bingung memilih produk perawatan bayi yang lengkap dan aman, gunakan saja baby care terpercaya dari produk Zwitsal yang akan selalu merawat tubuh bayi dengan kenyamanan di setiap harinya.

referensi artikel http://www.zwitsal.co.id/bayi/perkembangan-bayi-usia-1-bulan/

Tinggalkan komentar